Rabu, 08 Maret 2017

BLUSUKAN MALANG RAYA  BAGIAN II:
MENGENANG JALUR TRAM GONDANGLEGI - KEPANJEN  

       Setelah sebelumnya menelusuri jalur tram antara Stasiun Jagalan hingga Stasiun Gondanglegi, perjalananpun saya lanjutkan menuju Kepanjen untuk menyusuri jejak jalur tram disana. Kepanjen sendiri adalah sebuah wilayah yang terletak di Kabupaten Malang. Jarak antara Gondanglegi hingga Kepanjen kurang lebih sejauh 17 kilometer. Dahulu jalur tram di petak ini mulai dibuka pada tanggal 10 Juni 1900.

            Antara Stasiun Gondanglegi hingga Stasiun Kepanjen kurang lebih terdapat 14 pemberhentian tram yang terdiri dari halte (H), Stopplast (S), hingga Stasiun (St). Pemberhentian itu diantaranya adalah: Gondanglegi – Gondanglegi Pasar – Banjarrejo II – Brongkal I – Brongkal II – Kanigoro – Jambe Gede – Bumiayu – Sengguruh – Jenggolo – Mangir – Panggungrejo – Kepanjen MS – Kepanjen SS.

Peta Percabangan Gondanglegi – Kepanjen
Sumber: kitlv.nl


Bekas Stasiun Gondanglegi


Percabangan Jalur Tram dari Gondanglegi Menuju Kepanjen
(Foto Menghadap Stasiun Gondanglegi)

Kantor Kecamatan Gondanglegi

            Selama penelusuran saya dari Gondanglegi hingga Kepanjen, saya tidak berhasil menemukan bekas jejak jalur tram. Mungkin saya sedikit kurang beruntung waktu itu. Saya hanya berhasil menemukan bekas jalur rel yang jika dilihat pada peta merupakan percabangan jalur tram menuju Kepanjen di sekitar Pasar Gondanglegi. Itupun juga tidak banyak.
            Menurut info yang saya peroleh, jalur antara Gondanglegi hingga Kepanjen memang telah dicabut oleh Pemerintah Jepang saat menduduki Indonesia. Jalur tersebut dicabut untuk dipindah didaerah lain dan juga untuk diubah menjadi perlengkapan perang. Saat pascakemerdekaan dimana Pemerintah Hindia Belanda ingin berkuasa kembali di Indonesia, sebenarnya ada rencana kembali untuk membangun jalur tram antara Gondanglegi hingga Kepanjen. Namun karena kondisi politik dan keamanan yang tidak stabil dan sering terjadi peperangan, upaya tersebut urung dilakukan.
            Saat saya berada di daerah Kepanjen, saya juga sempat bertanya pada salah seorang warga disana mengenai tram di Kepanjen. Namun Bapak tersebut tidak mengetahui dan hanya tahu tram di wilayah Gondanglegi saja. Akan tetapi Bapak tersebut menunjukkan kepada saya lokasi Pabrik Gula Panggungrejo yang dulu terhubung dengan jalur tram di Kepanjen. Pabrik Gula Panggungrejo kini lokasinya telah berubah menjadi komplek asrama militer yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota Kepanjen.

Peta Jalur Tram di Malang
Sumber: Universiteit Leiden

            Meninggalakan Kepanjen, perjalanan saya lanjutkan kembali menuju Gondanglegi. Untuk rute selanjutnya, saya akan menyusuri bekas jalur tram antara Gondanglegi hingga Turen. Penelusuran saya didaerah Turen akan saya tulis dalam artikel terpisah. Bersambung.

-------------------------------------------------------------------------------------------------
PRIMA UTAMA / 2017 / WA: 085725571790 / FB, MAIL: primautama@ymail.com / INSTA: @primautama  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar